Gubernur Pastika Berharap Tingkatkan Kerjasama Sektor Pertanian, Pendidikan, dan Perdagangan

H.E. Mr. Pitchayaphant Charnbhumidol melakukan kunjungan pertama ke Bali sejak menjadi Duta Besar Thailand untuk Indonesia. Hal ini disampaikannya saat diterima Gubernur Bali Made Mangku Pastika di ruang kerjanya, Selasa (13/6).

Mr. Pitchayaphant menyampaikan  apresiasi serta kekagumannya pada  Pulau Bali yang tidak hanya terkenal dengan keunikan budaya namun  juga memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indah.

Lebih jauh, piahknya menyampaikan Bali dan Thailand memiliki banyak persamaan, disamping dari segi budaya, Bali dan Thailand juga sama-sama sebagai daerah tujuan pariwisata dunia. Untuk itu, perlu peningkatan kerjasama antara Bali dan Thailand tidak hanya sebatas kerjasama dalam bidang pariwisata, namun juga dalam bidang perdagangan, pertanian bahkan investasi sehingga perekonomian kedua wilayah akan terus meningkat.

“Bali saya pilih karena Bali merupakan pusatnya pariwisata Indonesia. Bali memiliki banyak persaman dengan Thailand. Saya berharap dengan kunjungan ini kerjasama yang sudah  ada akan semakin erat dan hubungan persaudaraan terjalin semakin baik. Mungkin Bali bisa menjadi sister city dari salah satu kota di Thailand,“ katanya.

Sementara itu,  Gubernur Bali Made Mangku Pastika didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra menyampaikan apresiasinya atas dipilihnya Bali sebagai Provinsi pertama yang dikunjungi oleh Dubes Thailand.

Gubernur yang menyampaikan Thailand tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya, namun juga dinilai sangat berhasil dalam bidang pertanian, sehingga kedepannya kerjasama dalam bidang pertanian akan terus ditingkatkan. “Thailand sangat berhasil dalam bidang pertanian. Setiap tahun kita selalu mengirim petani kita untuk belajar pertanian di Thailand. Saya harap kerjasama kita dapat terus ditingkatkan, tidak hanya sebatas pada  sektor pariwisata, tapi juga sektor pertanian, pendidikan, perdagangan dan investasi. Banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, kita tingkatkan terus kerjasama yang sudah terjalin selama ini,“ kata Pastika. XNA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *